Searching...
24.9.19
24.9.19

MENAKAR KONTRIBUSI GURU MADRASAH DALAM PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM



Buku pertama di tahun 2019
Berjudul = "MENAKAR KONTRIBUSI GURU MADRASAH DALAM PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM"

Pendidikan juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa. Dan merupakan wahana dalam menterjemahkan pesan-pesan konstitusi. Serta sarana dalam membangun watak bangsa. Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam pembangunan berbagai bidang dan konsep otonomi daerah yang memberikan keleluasaan untuk membangun daerahnya termasuk pendidikan yang didesentralisasikan. Dalam sebuah organisasi pendidikan, hal yang juga perlu menjadi perhatian selain proses pengajaran dan pembelajaran adalah bagaimana nilai dan interaksi atau perilaku-perilaku dalam organisasi pendidikan dapat dikembangkan untuk menunjang kualitas dan mutu suatu lembaga pendidikan. Disamping nilai interaksi dalam lembaga pendidikan mempunyai pengaruh terhadap kualitas lembaga dan tenaga pendidik, kinerja seorang guru sangat dipengaruhi oleh motivasi seseorang dalam melakukan pekerjaannya, yaitu akan melakukan segala tugas dan tanggung jawab dengan baik, tanpa harus diawasi oleh atasan.
Ada berbagai masalah dalam dunia pendidikan kita yang belum teratasi. Beberapa masalah tersebut antara lain kinerja yang tidak pas dengan tujuan umum pendidikan nasional, produk pendidikan yang belum siap pakai atau tidak sesuai dengan ketersediaan lapangan kerja, rangking pendidikan kita di mata dunia yang setara dengan negara-negara miskin atau baru merdeka, dll.  Dalam situasi seperti itu telah bergulir pula gelombang reformasi yang menghendaki adanya perubahan.  Dengan kata lain, dalam menyongsong berbagai kecenderungan yang aktual tidak ada alternatif lain selain perlu penataan kembali terhadap dunia pendidikan mulai dari filsafat/tujuan pendidikan sampai ke manajemen pendidikan, kurikulum, metode pembelajaran, substansi pengajaran, pendanaan pendidikan.
Dalam buku bertajuk “Menakar Kontribusi Guru Madrasah dalam Paradigma Baru Pendidikan Islam” ini disusun sebagai tawaran dan konsepsi pemikiran bahwa perlu adanya bentuk konstibusi guru madrasah dewasa ini utamanya dalam pembaruan paradigma pendidikan Islam.  Harapannya dapat memberi motivasi dalam pengembangan dan implementasi pendidikan Islam di Indonesia, dimana dewasa ini dituntut siap menyambut era revolusi industri 4.0 dan mempersiapkan sejak dini eksistensi penguatan kapasiatas guru madrasah dalam peradaban baru era 5.0 yang iedentik dengan aspek moralitas, akhlak, kepribadian yang utuh. Maka dalam kajian buku ini menawarakan beberapa konsep pemikiran yang barangkali dapat menjadi referensi dalam khazanah pendidikan Islam Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!